RPP TEMATIK KTSP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
                              Satuan Pendidikan          :           Sekolah Dasar
                              Tema                                :           Lingkungan
                              Kelas/Semester                :           III / 1
                              Alokasi Waktu                 :           1 hari ( 6 x 35 menit)

       I.            STANDAR KOMPETENSI
·         IPS
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah.
·         Bahasa Indonesia
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran.
·         IPA
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup.
    II.            KOMPETENSI DASAR
·         IPS
Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah.
·         Bahasa Indonesia
Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
·         IPA
Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
 III.            INDIKATOR
·         Kognitif
Mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan sekitar.
Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar.
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
·         Afektif
Menampilkan perilaku sopan, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
·         Psikomotor
Menceritakan peristiwa alam dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar.           
 IV.            TUJUAN PEMBELAJARAN
·         Melalui penjelasan dari guru siswa mampu mengidentifikasi kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan sekitar dengan benar.
·         Melalui bimbingan guru siswa mampu menceritakan peristiwa alam  melalui pengamatan gambar dengan tepat.
·         Melalui diskusi kelompok siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
·         Melalui pemberian nasihat dari guru siswa mampu menampilkan perilaku sopan,  percaya diri, dan bertanggungjawab dengan baik.
    V.            MATERI POKOK
·         IPS
Kenampakan alam dan buatan
·         Bahasa Indonesia
Teks cerita
·         IPA
Makhluk hidup
 VI.            MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model     : Kooperatif
Metode   : Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab
VII.            LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Awal
Apersepsi
-          Guru bersama siswa berdoa bersama (untuk mengawali pembelajaran).
-          Guru melakukan presensi kehadiran siswa.
-          Guru bersama siswa menyanyi lagu ”Pelangi”.
-          Guru menanyakan kepada siswa tentang apa yang diketahui tentang kenampakan-kenampakan yang ada di muka bumi.
Orientasi
-          Guru menjelaskan kepada siswa tentang tujuan pembelajaran yang harus dicapai.
Motivasi
-          Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk belajar dengan tekun dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
Dampak Pengiring
-          Dengan melakukan pembelajaran ini diharapkan siswa dapat menjaga kenampakan alam dan buatan dengan baik sebagai wujud mencintai lingkungan.
2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
-          Siswa memberikan contoh bentuk kenampakan alam dan kenampakan buatan.
Elaborasi
-          Guru menjelaskan tentang pengelompokkan kenampakan yang ada di muka bumi.
-          Guru mengelompokkan siswa menjadi 4 kelompok.
-          Tiap kelompok mendiskusikan mengenai makhluk hidup apa saja yang hidup di bumi, kemudian menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup tersebut.
-          Secara bergiliran tiap-tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
-          Secara individu siswa membuat cerita tentang kenampakan alam dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan kemudian dikumpulkan.
Konfirmasi
-          Siswa menanyakan tentang hal-hal yang belum dipahaminya kepada guru.
-          Guru bersama siswa meluruskan kesalahan pemahamandanmemberikan penguatan.
3.      Kegiatan Penutup
Merangkum
-          Guru bersama siswa membuat kesimpulan mengenai pembelajaran tentang kenampakan di muka bumi, teks cerita, dan makhluk hidup.
Menilai
-          Guru memberikan evaluasi secara individu berkaitan dengan pembelajaran yang telah berlangsung.
Merefleksi
-         Guru memberikan ulasan dan penjelasan ulang tentang pembelajaran yang telah berlangsung.

VIII.            MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media: Gambar kenampakan di muka bumi
Sumber:
-          Purwantari, Teguh dan Kartono. 2010. Ilmu Pengetahuan Alam 3. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional.
-          Widianti, Wida dan Ratih Nurriyati. 2009. Ilmu Pengetahuan Sosial 3. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional.
-          Hapsari, Sri dan Etin Sumiati. 2010. Bahasa Indonesia III.Jakarta: Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional.

 IX.            PENILAIAN
INDIKATOR
TEKNIK PENILAIAN
BENTUK SOAL
BUTIR SOAL
Mengidentifikasikankenampakanalamdankenampakanbuatan di lingkungansekitar.

Tertulis dan Lisan

Isian
1 dan 2
Menceritakanperistiwaalammelaluipengamatangambar.


Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.

3


FORMATKRITERIA PENILAIAN
Produk( hasildiskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semuasalah
4
3
2
1





Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadangPengetahuan
* tidakPengetahuan

* aktifPraktek
* kadang – kadangaktif
* tidakaktif

* Sikap
* kadang-kadangSikap
* tidakSikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1



LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Perfoman
Produk
Jml Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap









CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
KepalaSekolahSD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………

……...., ………………… 20…
Guru TematikKelas III



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………
















Lampiran 1
LEMBAR KERJA SISWA
1.      Apa saja contoh dari kenampakan alam yang ada di bumi?
2.      Apa saja contoh kenampakan buatan yang ada di bumi?
3.      Sebutkan ciri-ciri makhluk hidup!

Lampiran 2
KUNCI JAWABAN
1.      Gunung, laut, sungai, sawah. Lembah
2.      Waduk, bandara, pelabuhan
3.      Bernafas, makan, beradaptasi, tumbuhdanberkembangbiak, bergerakmengeluarkanzatsisa.


Lampiran 3
MATERI
Kenampakan alam adalah segala sesuatu yang nampak di permukaan bagian bumi atau alam. Permukaan bumi terdiri dari daratan dan perairan. Di bagian daratan terdapat berbagai macam bentangan alam. Misalnya dataran rendah, dataran tinggi, pegunungan, gunung, dan pantai. Sedangkan di perairan berupa sungai, danau, selat, teluk, laut, samudera
Kenampakan buatan adalah daerah yang sengaja  dibuat lingkungan baru untuk kepentingan tertentu. Kepentingan manusia, antara lain untuk kemakmuran, melindungi satwa dan tumbuhan, pembangunan sarana dan prasarana bagi umum, untuk PLTA, dan untuk tujuan wisata atau rekreasi. Contoh kenampakan buatan antara lain waduk ,bandara, pelabuhan, dan lain-lain.

Bumi merupakan tempat hidup makhluk hidup. Makhluk hidup berbeda dengan benda mati, karenamahkuk hidup mempunyai ciri-ciri tertentu yang tidak dimiliki oleh benda mati. Ciri-ciri makhluk hidup adalah sebagai berikut:
a.       Bernapas
b.      Bergerak
c.       Peka terhadap rangsang
d.      Memerlukan makanan
e.       Tumbuh dan berkembang
f.       Berkembang biak
g.      Mengeluarkan zat sisa
h.      Beradaptasi

    



                                                                                       










           




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yuk Belajar Lagi🙂🤩

SENI SUARA DAERAH

Catatan Harianku