RPP TEMATIK KTSP
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Tema : Lingkungan
Kelas/Semester : III / 1
Alokasi
Waktu : 1
hari ( 6 x 35 menit)
I.
STANDAR KOMPETENSI
·
IPS
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama
di sekitar rumah dan sekolah.
·
Bahasa
Indonesia
Mengungkapkan pikiran, perasaan,
pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran.
·
IPA
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal
yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup.
II.
KOMPETENSI DASAR
·
IPS
Menceritakan lingkungan alam dan buatan
di sekitar rumah dan sekolah.
·
Bahasa Indonesia
Menceritakan pengalaman
yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
·
IPA
Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup.
III.
INDIKATOR
·
Kognitif
Mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan buatan
di lingkungan sekitar.
Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar.
Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup.
·
Afektif
Menampilkan
perilaku sopan, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran.
·
Psikomotor
Menceritakan peristiwa alam dengan
menggunakan bahasa yang baik dan benar.
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Melalui penjelasan dari guru siswa
mampu mengidentifikasi kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan
sekitar dengan benar.
·
Melalui bimbingan guru siswa mampu
menceritakan peristiwa alam melalui
pengamatan gambar dengan tepat.
·
Melalui diskusi kelompok siswa mampu
mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
·
Melalui pemberian nasihat dari guru
siswa mampu menampilkan perilaku sopan,
percaya diri, dan bertanggungjawab dengan baik.
V.
MATERI
POKOK
·
IPS
Kenampakan alam dan buatan
·
Bahasa Indonesia
Teks cerita
·
IPA
Makhluk hidup
VI.
MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN
Model : Kooperatif
Metode : Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab
VII.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan
Awal
Apersepsi
-
Guru bersama siswa berdoa bersama
(untuk mengawali pembelajaran).
-
Guru melakukan presensi kehadiran
siswa.
-
Guru bersama siswa menyanyi lagu
”Pelangi”.
-
Guru menanyakan kepada siswa tentang
apa yang diketahui tentang kenampakan-kenampakan yang ada di muka bumi.
Orientasi
-
Guru menjelaskan kepada siswa tentang
tujuan pembelajaran yang harus dicapai.
Motivasi
-
Guru memberikan motivasi kepada siswa
untuk belajar dengan tekun dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
Dampak Pengiring
-
Dengan melakukan pembelajaran ini
diharapkan siswa dapat menjaga kenampakan alam dan buatan dengan baik sebagai
wujud mencintai lingkungan.
2.
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
-
Siswa memberikan contoh bentuk
kenampakan alam dan kenampakan buatan.
Elaborasi
-
Guru menjelaskan tentang pengelompokkan
kenampakan yang ada di muka bumi.
-
Guru mengelompokkan siswa menjadi 4
kelompok.
-
Tiap kelompok mendiskusikan mengenai
makhluk hidup apa saja yang hidup di bumi, kemudian menyebutkan ciri-ciri
makhluk hidup tersebut.
-
Secara bergiliran tiap-tiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
-
Secara individu siswa membuat cerita
tentang kenampakan alam dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan
benar dan kemudian dikumpulkan.
Konfirmasi
-
Siswa menanyakan tentang hal-hal yang
belum dipahaminya kepada guru.
-
Guru bersama siswa meluruskan
kesalahan pemahamandanmemberikan
penguatan.
3.
Kegiatan
Penutup
Merangkum
-
Guru bersama siswa membuat kesimpulan
mengenai pembelajaran tentang kenampakan di muka bumi, teks cerita, dan
makhluk hidup.
Menilai
-
Guru memberikan evaluasi secara
individu berkaitan dengan pembelajaran yang telah berlangsung.
Merefleksi
-
Guru memberikan ulasan dan penjelasan
ulang tentang pembelajaran yang telah berlangsung.
VIII.
MEDIA
DAN SUMBER BELAJAR
Media: Gambar kenampakan di muka bumi
Sumber:
-
Purwantari, Teguh dan Kartono. 2010. Ilmu Pengetahuan Alam 3. Jakarta:
Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional.
-
Widianti, Wida dan Ratih Nurriyati.
2009. Ilmu Pengetahuan Sosial 3.
Jakarta: Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional.
-
Hapsari, Sri dan Etin Sumiati. 2010. Bahasa Indonesia III.Jakarta: Pusat
Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional.
IX.
PENILAIAN
FORMATKRITERIA PENILAIAN
Produk( hasildiskusi )
Performansi
LEMBAR
PENILAIAN
CATATAN
:
@
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah
skor maksimal ) X 10.
@
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan
Remedial.
Lampiran 1
LEMBAR KERJA SISWA
1.
Apa saja contoh dari kenampakan alam yang ada di bumi?
2.
Apa saja contoh kenampakan buatan yang ada di bumi?
3.
Sebutkan ciri-ciri makhluk hidup!
Lampiran
2
KUNCI
JAWABAN
1. Gunung,
laut, sungai, sawah. Lembah
2. Waduk,
bandara, pelabuhan
3. Bernafas,
makan, beradaptasi, tumbuhdanberkembangbiak, bergerakmengeluarkanzatsisa.
Lampiran
3
MATERI
Kenampakan alam adalah segala sesuatu yang nampak di
permukaan bagian bumi atau alam. Permukaan bumi terdiri dari daratan dan
perairan. Di bagian daratan terdapat berbagai macam bentangan alam. Misalnya
dataran rendah, dataran tinggi, pegunungan, gunung, dan pantai. Sedangkan di
perairan berupa sungai, danau, selat, teluk, laut, samudera
Kenampakan buatan adalah daerah yang
sengaja dibuat lingkungan baru untuk kepentingan tertentu. Kepentingan manusia,
antara lain untuk kemakmuran, melindungi satwa dan tumbuhan,
pembangunan sarana dan prasarana bagi umum, untuk PLTA,
dan untuk tujuan wisata atau rekreasi. Contoh kenampakan buatan antara lain waduk
,bandara, pelabuhan, dan lain-lain.
Bumi merupakan tempat hidup makhluk hidup.
Makhluk hidup berbeda dengan benda mati,
karenamahkuk hidup mempunyai ciri-ciri tertentu yang tidak dimiliki oleh benda mati.
Ciri-ciri makhluk hidup adalah sebagai berikut:
a. Bernapas
b. Bergerak
c. Peka terhadap rangsang
d. Memerlukan makanan
e. Tumbuh dan berkembang
f. Berkembang biak
g. Mengeluarkan zat sisa
h. Beradaptasi
|
Komentar
Posting Komentar