SKENARIO PEMBELAJARAN



SKENARIO PEMBELAJARAN MICRO TEACHING
(Guru memasuki ruang kelas dan meletakkan buku, dan perlengkapan mengajar lainnya, lalu duduk di kursi yang telah disediakan.)
Guru   : (Sambil berdiri) Assalamu alaikum wr. wb.
Siswa  : (Dengan serempak) Wa’alaikum salam wr.wb.
Guru   : Ini kok kursi kalian berantakan, ayo anak-anak dirapikan dulu agar kelihatan rapi.
(Semua siswa dan guru merapikan kursi.)
Guru   : Nah, kalau rapi seperti ini kan nyaman untuk belajar. Oya sudah berdoa belum?
Siswa  : (Dengan serempak) belum Bu.
Guru   : Sebelum kita memulai pelajaran kita harus membiasakan berdoa dulu, ketua kelasnya ayo dipersiapkan!
Siswa  : (Ketua kelas 1 memimpin) Berdoa mulai!. . . . . . . . . . . .Selesai, beri salam!
(Semua siswa) Selamat Pagi Bu Guru!
Guru   : Selamat Pagi anak-anak!
Guru   : Hari ini siapa yang tidak masuk?
Siswa  : Masuk semua Bu.
Guru   : Baiklah. Anak-anak sekarang kita akan belajar tentang Letak Rumah dan Ruangan di Dalam Rumah. Dengan kita mempelajari materi ini kita akan tahu letak rumah kita sendiri, letak rumah teman, saudara dan kita juga akan tahu di rumah kita masing-masing terdapat ruangan apa saja. Pasti kalian semua punya rumah kan?
Siswa  : Punya Bu.
Guru   : Nah karena semuanya punya rumah dan kita akan mempelajari tentang letak rumah, ayo kita menyanyi dulu lagu yang pernah ibu ajarkan, biar kita lebih semangat. Lagunya “Kalau Kau Punya Rumah Tepuk Tangan”. Berdiri semuanya, ayo di mulai, 1. . .2. . .3
 (Guru dan semua siswa menyanyi sambil berdiri)
Guru   : Tepuk tangan untuk kalian semua!
(Guru dan semua siswa tepuk tangan.)
Guru   : Anak-anak rumah tiap orang kan letaknya berbeda-beda, misalnya saja letak rumahnya Fiki berbeda dengan letak rumahnya Dila, letak rumahnya Dila juga berbeda dengan rumahnya Febri dan rumah-rumah yang lain, iya kan?
Siswa  : Iya Bu berbeda.
Guru   : Kalau rumahnya Fatimah letaknya dimana?
Siswa  : (Fatimah menjawab) Di samping warung makan Bu.
Guru   : Di samping warung makan? Pantesan Fatimah gemuk pasti jajan terus ya?
Siswa  : (Fatimah menjawab)Nggak kok Bu, saya kan hemat.
Guru   : Iya bagus kalau begitu. Kalau rumahnya Febi letaknya dimana?
Siswa  : (Febi menjawab) rumahku di dekat pasar Bu.
Guru   : Oh deket pasar. Jadi siswa di kelas ini letak rumahnya berbeda-beda.
(Guru menempelkan gambar-gambar letak rumah di tembok dekat papan tulis.)
Guru   : Nah, ibu punya gambar-gambar tentang letak rumah. Di situ dari paling atas ada gambar rumah Bona, Sara, Caca, dan Roni.
(Semua siswa mengamati gambar yang ada di depan.)
Guru   : Dari gambar di depan dapat dilihat kalau rumah Bona dekat dengan jalan raya. Nah sekarang coba kalian amati gambar rumah Sara, Caca, dan Roni.
(Semua siswa mengamati gambar di depan.)        
Guru   : Ayo Fiki kalau rumah Sara letaknya di mana?
Siswa  : (Fiki menjawab) rumah Sara dekat dengan perumahan Bu.
Guru   : Iya benar. Sekarang kalau rumah Roni? Ayo Fatimah rumah Roni letaknya di mana?
Siswa  : (Fatimah menjawab) rumah Roni dekat dengan sawah Bu.
Guru   : Iya benar. Sekarang kalau rumah Caca? Ayo Febri rumah Caca letaknya di mana?
Siswa  : (Febri menjawab) rumah Caca dekat dengan gunung Bu.
Guru   : Iya benar. Semuanya pinter. Jadi kita dapat mengetahui kalau letak rumah yang satu dengan yang lainnya itu berbeda-beda. Biasanya kalau di rumah itu kan ada ruang-ruangnya kan? Kira-kira ruangan apa saja yang ada di rumah itu? Ayo disebutkan Faninda di rumahmu ada ruang apa saja?
Siswa  : ( Faninda menjawab) ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dapur Bu.
Guru   : Iya benar sekali, jadi di tiap-tiap rumah itu biasanya ada ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan sebagainya. Nah, kalian semua kan mempunyai rumah, ibu minta kalian bercerita tentang letak rumah kalian masing-masing, terdapat ruang apa saja di rumah kalian masing-masing dan apa kegunaan dari ruang-ruang tersebut. Ayo siapa yang berani maju pertama untuk bercerita?
Siswa  : Saya Bu. . .(Fadila mengangkat tangannya)
Guru   : Ayo Dila maju bercerita!
(Dila bercerita di depan kelas lalu setelah selesai bercerita kembali ke tempat duduk.)
Guru   : Tepuk tangan untuk Dila!
(Semua anak tepuk tangan.)
Guru   : Ayo yang kedua siapa yang berani bercerita lagi? Ayo Febi maju!
Siswa  : (Febi berkata) tidak bisa Bu.
Guru   : Bisa, nanti ibu bimbing. Ayo Febi maju!
(Febi maju ke depan dan guru membimbingnya untuk bercerita. Setelah Febi selesai bercerita Ia kembali lagi ke tempat duduknya.)
Guru   : Nah pinter, tepuk tangan untuk Febi (semua siswa bertepuk tangan), tadi kan kita sudah belajar tentang letak rumah, ada yang belum paham?
Siswa  : (Semua siswa menjawab) Sudah paham Bu.
Guru   : Baiklah, kalau kalian semua sudah paham mari kita membuat kesimpulan tentang pelajaran hari ini! Jadi letak rumah itu berbeda-beda ada yang di dekat jalan raya, ada yang dekat gunung, ada yang dekat sawah, dan ada juga yang dekat perumahan. Di rumah itu terdapat ruangan yaitu ruang tamu yang berfungsi untuk menerima tamu, kamar mandi digunakan untuk mandi, kamar tidur digunakan untuk tidur, dapur untuk memasak, dan sebagainya, semua sudah mengerti?
Siswa  : (Semua siswa menjawab ) Mengerti Bu.
Guru   : Karena waktunya sudah habis, pelajaran hari ini ibu cukupkan sekian dan anak-anak harus belajar di rumah karena minggu depan kita akan belajar tentang denah rumah. Dan ada PR dibuka bukunya halaman 14 dikerjakan di selembar kertas ya, besok dikumpulkan!
Siswa  : Iya Bu.
Guru   : Sebelum kita mengakhiri pelajaran berdoa dulu, ayo ketua kelasnya dipimpin berdoa!
Siswa  : (Ketua kelas 1 memimpin berdoa) berdoa mulai. . . . . . .Selesai, beri salam!
(Semua siswa) Selamat Siang Bu Guru!
Guru   : Selamat Siang anak-anak, pulangnya hati-hati ya! Assalamu alaikum wr.wb
Siswa  : Wa’alaikum salam wr.wb
(Secara bergiliran semua siswa berjabat tangan dengan guru.)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yuk Belajar Lagi🙂🤩

SENI SUARA DAERAH

Catatan Harianku