SKENARIO PEMBELAJARAN
SKENARIO PEMBELAJARAN MICRO TEACHING
(Guru memasuki ruang kelas dan
meletakkan buku, dan perlengkapan mengajar lainnya, lalu duduk di kursi yang
telah disediakan.)
Guru : (Sambil
berdiri) Assalamu alaikum wr. wb.
Siswa : (Dengan
serempak) Wa’alaikum salam wr.wb.
Guru : Ini kok kursi kalian
berantakan, ayo anak-anak dirapikan dulu agar kelihatan rapi.
(Semua siswa dan guru merapikan
kursi.)
Guru : Nah, kalau rapi
seperti ini kan nyaman untuk belajar. Oya sudah berdoa belum?
Siswa : (Dengan
serempak) belum Bu.
Guru : Sebelum kita memulai
pelajaran kita harus membiasakan berdoa dulu, ketua kelasnya ayo dipersiapkan!
Siswa : (Ketua kelas 1 memimpin) Berdoa mulai!. . . . . . . . . . .
.Selesai, beri salam!
(Semua siswa)
Selamat Pagi Bu Guru!
Guru : Selamat Pagi anak-anak!
Guru : Hari ini siapa yang tidak masuk?
Siswa : Masuk semua Bu.
Guru : Baiklah. Anak-anak
sekarang kita akan belajar tentang Letak Rumah dan Ruangan di Dalam Rumah. Dengan
kita mempelajari materi ini kita akan tahu letak rumah kita sendiri, letak
rumah teman, saudara dan kita juga akan tahu di rumah kita masing-masing
terdapat ruangan apa saja. Pasti kalian semua punya rumah kan?
Siswa : Punya Bu.
Guru : Nah karena semuanya
punya rumah dan kita akan mempelajari tentang letak rumah, ayo kita menyanyi
dulu lagu yang pernah ibu ajarkan, biar kita lebih semangat. Lagunya “Kalau Kau
Punya Rumah Tepuk Tangan”. Berdiri semuanya, ayo di mulai, 1. . .2. . .3
(Guru dan semua siswa menyanyi sambil berdiri)
Guru : Tepuk tangan untuk kalian semua!
(Guru dan semua siswa tepuk
tangan.)
Guru : Anak-anak rumah tiap
orang kan letaknya berbeda-beda, misalnya saja letak rumahnya Fiki berbeda
dengan letak rumahnya Dila, letak rumahnya Dila juga berbeda dengan rumahnya
Febri dan rumah-rumah yang lain, iya kan?
Siswa : Iya Bu berbeda.
Guru : Kalau rumahnya Fatimah
letaknya dimana?
Siswa : (Fatimah menjawab) Di samping warung makan Bu.
Guru : Di samping warung
makan? Pantesan Fatimah gemuk pasti jajan terus ya?
Siswa : (Fatimah menjawab)Nggak kok Bu, saya kan hemat.
Guru : Iya bagus kalau begitu.
Kalau rumahnya Febi letaknya dimana?
Siswa : (Febi menjawab) rumahku di dekat pasar Bu.
Guru : Oh deket pasar. Jadi
siswa di kelas ini letak rumahnya berbeda-beda.
(Guru menempelkan gambar-gambar
letak rumah di tembok dekat papan tulis.)
Guru : Nah, ibu punya
gambar-gambar tentang letak rumah. Di situ dari paling atas ada gambar rumah
Bona, Sara, Caca, dan Roni.
(Semua siswa
mengamati gambar yang ada di depan.)
Guru : Dari gambar di depan
dapat dilihat kalau rumah Bona dekat dengan jalan raya. Nah sekarang coba
kalian amati gambar rumah Sara, Caca, dan Roni.
(Semua siswa mengamati gambar di
depan.)
Guru : Ayo Fiki kalau rumah Sara letaknya di mana?
Siswa : (Fiki
menjawab) rumah Sara dekat dengan perumahan Bu.
Guru : Iya benar. Sekarang
kalau rumah Roni? Ayo Fatimah rumah Roni letaknya di mana?
Siswa : (Fatimah
menjawab) rumah Roni dekat dengan sawah Bu.
Guru : Iya benar. Sekarang
kalau rumah Caca? Ayo Febri rumah Caca letaknya di mana?
Siswa : (Febri
menjawab) rumah Caca dekat dengan gunung Bu.
Guru : Iya benar. Semuanya
pinter. Jadi kita dapat mengetahui kalau letak rumah yang satu dengan yang
lainnya itu berbeda-beda. Biasanya kalau di rumah itu kan ada ruang-ruangnya
kan? Kira-kira ruangan apa saja yang ada di rumah itu? Ayo disebutkan Faninda
di rumahmu ada ruang apa saja?
Siswa : (
Faninda menjawab) ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dapur Bu.
Guru : Iya benar sekali, jadi
di tiap-tiap rumah itu biasanya ada ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dapur,
dan sebagainya. Nah, kalian semua kan mempunyai rumah, ibu minta kalian bercerita
tentang letak rumah kalian masing-masing, terdapat ruang apa saja di rumah
kalian masing-masing dan apa kegunaan dari ruang-ruang tersebut. Ayo siapa yang
berani maju pertama untuk bercerita?
Siswa : Saya Bu. . .(Fadila mengangkat tangannya)
Guru : Ayo Dila maju bercerita!
(Dila bercerita di depan kelas lalu
setelah selesai bercerita kembali ke tempat duduk.)
Guru : Tepuk tangan untuk Dila!
(Semua anak tepuk tangan.)
Guru : Ayo yang kedua siapa yang berani
bercerita lagi? Ayo Febi maju!
Siswa : (Febi
berkata) tidak bisa Bu.
Guru : Bisa, nanti ibu bimbing. Ayo Febi maju!
(Febi maju ke depan dan guru
membimbingnya untuk bercerita. Setelah Febi selesai bercerita Ia kembali lagi
ke tempat duduknya.)
Guru : Nah pinter, tepuk
tangan untuk Febi (semua siswa bertepuk
tangan), tadi kan kita sudah belajar tentang letak rumah, ada yang belum
paham?
Siswa : (Semua
siswa menjawab) Sudah paham Bu.
Guru : Baiklah, kalau kalian
semua sudah paham mari kita membuat kesimpulan tentang pelajaran hari ini! Jadi
letak rumah itu berbeda-beda ada yang di dekat jalan raya, ada yang dekat
gunung, ada yang dekat sawah, dan ada juga yang dekat perumahan. Di rumah itu
terdapat ruangan yaitu ruang tamu yang berfungsi untuk menerima tamu, kamar
mandi digunakan untuk mandi, kamar tidur digunakan untuk tidur, dapur untuk
memasak, dan sebagainya, semua sudah mengerti?
Siswa : (Semua siswa menjawab ) Mengerti Bu.
Guru : Karena waktunya sudah habis, pelajaran
hari ini ibu cukupkan sekian dan anak-anak harus belajar di rumah karena minggu
depan kita akan belajar tentang denah rumah. Dan ada PR dibuka bukunya halaman
14 dikerjakan di selembar kertas ya, besok dikumpulkan!
Siswa : Iya Bu.
Guru : Sebelum kita mengakhiri pelajaran
berdoa dulu, ayo ketua kelasnya dipimpin berdoa!
Siswa : (Ketua
kelas 1 memimpin berdoa) berdoa mulai. . . . . . .Selesai, beri salam!
(Semua siswa) Selamat
Siang Bu Guru!
Guru :
Selamat Siang anak-anak, pulangnya hati-hati ya! Assalamu alaikum wr.wb
Siswa : Wa’alaikum
salam wr.wb
(Secara bergiliran semua siswa
berjabat tangan dengan guru.)
Komentar
Posting Komentar