EMPAT PILAR PENDIDIKAN

Empat Pilar Pendidikan yang dicanangkan oleh UNESCO adalah:
  • Learning to know
Learning to know adalah belajar untuk memperkaya pengetahuan, peserta didik harus diberdayakan untuk memperkaya pengetahuannya. Penerapan learning to know dalam sekolah misalnya guru menyuruh siswa untuk mencari materi pelajaran di perpustakaan, guru menerangkan materi kepada peserta didik, dan sebagainya.
  • Learning to do
Learning to do adalah belajar untuk dapat berbuat sesuatu. Dari learning to know atau belajar untuk berpengetahuan diharapkan pesera didik dapat melakukan sesuatu untuk dunia sekitarnya.. Misalnya: guru meminta peserta didik untuk mencangkok, meminta siswa untuk praktik perkecambahan pada kacang hijau, dll.
  • Learning to be
Learning to be dapat diartikan sebagai belajar untuk mengetahui jati diri. Learning to be biasanya berhubungan dengan potensi yang ada pada diri sendiri. Misalnya dalam pelajaran seni rupa seorang siswa menyadari dan merasa bahwa ia mempunyai bakat seni yang dapat dikembangkan dengan baik.
  • Learning to live together
Learning to live together adalah kemampuan dalam berinteraksi atau hidup bersama dengan oranglain. Learning to live together diharapkan agar peserta didik dapat memahami adanya keanekaragaman maupun kemajemukan suatu masyarakat sehingga dapat memupuk hidup rukun, damai, tenggang rasa, dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yuk Belajar Lagi🙂🤩

SENI SUARA DAERAH

Catatan Harianku