PENYAKIT PADA MANUSIA YANG DISEBABKAN OLEH VIRUS


PENYAKIT PADA MANUSIA YANG DISEBABKAN OLEH VIRUS

A.      INFLUENZA
Penyebab Influenza adalah virus golongan orthomyxovirus yang berbentuk seperti bola. Virus influenza ditularkan melalui udara dan masuk ke tubuh manusia melalui alat pernapasan. Gejala influenza adalah demam, sakit kepala, pegal linu otot, sakit tenggorokan, hidung bersin, dan kehilangan nafsu makan. Influenza dapat dicega dengan cara menjaga daya tahan tubuh dan menghindari kontak dengan penderita influenza.
B.      CAMPAK
Campak disebabkan oleh paramyxovirus. Gejala campak adalah demam tinggi, batuk, dan rasa nyeri diseluruh tubuh. Masa inkubasinya anata 10 hingga 12 hari. Di awal masa inkubasi virus berlipat ganda di saluran pernafasan atas yang menyebabkan gejala batuk kering dan radang tenggorokan. Di akhir masa inkubasi virus menuju darah dan beredar ke seluruh bagian tubuh, terutama kulit, sehingga terlihat bercak bercak merah di kulit.
C, FLU BURUNG
Flu burung atau avian influenza merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus strain H5N1. Gejala yang dialami manusia yang terinfeksi virus ini umumnya adalah demam, sakit tenggorokan, batuk, dan nyeri otot.
C.      HEPATITIS
Hepatitis (pembengkakan hati) adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis. Penyakit hepatitis dapat menular melalui minuman yang terkontaminasi , transfuse darah, dan penggunaan jarum suntik yang tidak steril. Gejala hepatitis adalah demam, mual, dan muntah, serta perubahan warna kulit dan selaput lendir terlihat kuning.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yuk Belajar Lagi🙂🤩

SENI SUARA DAERAH

Catatan Harianku